jump to navigation

Kenapa Tidak Bisa? Oktober 13, 2011

Posted by agusdd in Kenapa tidak bisa?, lihat sekelilingku, pengalaman.
trackback

Heran banget ama pemikiran pemerintah juga badan-badan atau lembaga yang semuanya mengatasnamakan “pelayan” masyarakat. Hari gini kok masih aja ada Rumah Sakit yang menahan bayi karena orang tua tidak mampu membayar biaya RS.

Kenapa tidak bisa dikeluarkan saat itu juga? padahal keluarga sudah berjanji akan membayarnya besok hari. Catatan itu penting karena tentunya ada perjanjian terlebih dahulu kalau tidak bisa membayar dan mau keluar. Memang surat itu tidak bisa dijadikan jaminan? Kemana hati RS di Indonesia.

Seharusnya biaya rumah sakit itu menurut saya geratis karena itu adalah kebutuhan dasar warga negara. Kesehatan sama seperti pendidikan, semuanya harus geratis. Kita nggak perlu bayar untuk mengenyam pendidikan atau mau berobat di RS. Memang negara nggak mampu nanggung orang sakit apa?

Saya punya sebuah hitungan :
– Misal setiap kepala ditariki bayar pajak 50.000 dan ada 253 juta penduduk yang ikut asuransi kesehatan melalui pajak ini.
– Total pajak terkumpul adalah Rp 11,75 triliun.
– Apakah jumlah itu kurang dari mencukupi untuk mengobati orang sakit di Indonesia.
– PT Askes aja untuk mengobati pesertanya dengan jumlah unlimited alias berobat geratis dimanapun sepanjang sesuai prosedur jumlah klaimnya hanya Rp 6-7 triliun.
– Terus apa iya semua orang akan sakit bersamaan, kan nggak?
– lagian buat pemerintah pusat duit Rp 11 triliun itu dana apaan, wong bayar subsidi BBM aja yang itu dinikmati orang kaya ampe Rp 90 triliunan, kenapa nggak duit subsidi BBM itu dialihkan aja ke pengobatan geratis untuk seluruh rakyat Indonesia atau paling nggak Rp 50 triliun deh untuk kesehatan.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: