jump to navigation

Meski Dah Sarjana, Mbah Tetep Aja Nguliahin November 15, 2011

Posted by agusdd in lihat sekelilingku, Nasehat, pengalaman.
1 comment so far

Namanya anak muda, umur-umur dimana kita sedang aktif-aktifnya, suka mengeksplorasi diri dan mencoba banyak hal didunia ini. Anak muda memang cenderung berpikir singkat, berani asal trobos dan berani ambil risiko. Namun bukan tanpa wawasan, meski ia terlihat loncat sana-loncat sini, itu sebenarnya sudah memiliki pertimbangan versi si anak muda.

Perilaku seperti ini bagi orang tua mungkin terlihat aneh. Akhirnya kena tegur deh. (lebih…)

Mitologi Dewa Seks Oktober 30, 2011

Posted by agusdd in Nasehat, perenungan, science.
add a comment

Seks Penyebab Selingkuh? Ini jadi salah satu faktor. Yang pernah saya baca selingkuh juga bisa diakibatkan karena faktor saling ketidakpuasan dalam berhubungan seks. Lainnya karena tidak kesesuaian pemikiran, beda prinsip juga karena perilaku pasangan yang tidak sesuai harapan. Bagi si wanita, selingkuh bisa terjadi karena tidak terjadinya pemenuhan emosional. (lebih…)

Seorang wanita Oktober 12, 2011

Posted by agusdd in Blogroll, lintas blog, Nasehat, perenungan.
add a comment

Tadinya mau memposting tentang bahasa seorang wanita. Tapi baru saja ustad pengajian bilang, bahwa wanita itu boleh masuk surga dari pintu mana saja jika dia taat sama suami. Ustad juga bilang, bahwa orang yang memutuskan tali silahturahmi itu dosanya sama dengan menyetubuhi ibu kandungnya sendiri dan juga 20 wanita sekaligus — wii berarti dosa banget ya —. Nah karena lupa hadisnya, aku coba browsing, eh malah menemukan artikel yang se-ide dengan apa yang sedang ingin aku tulis. Intinya bahwa wanita itu sangat ISTIMEWA?

Banyak hal yang tidak bisa aku ungkapkan ketika mengenal seorang wanita. Pertama soal perasaan, tingkah laku, gaya bicara dan juga sikap. Kalau saya mau bilang wanita itu cantik, seksi dan menggairahkan pasti itu relatif. Memang seorang wanita itu susah dideskripsikan.

Catatanya adalah:

  1. Wanita auratnya lebih susah dijaga dibanding lelaki.
  2. Wanita perlu minta ijin dari suami apabila mau keluar rumah tetapi tidak sebaliknya.
  3. Wanita saksinya (apabila menjadi saksi) kurang berbanding lelaki.
  4. Wanita menerima warisan lebih sedikit dari pada lelaki.
  5. Wanita perlu menghadapi kesusahan mengandung dan melahirkan anak
  6. Wanita wajib taat kepada suaminya, sementara suami tak perlu taat pada istrinya.
  7. Talak terletak di tangan suami dan bukan istri.
  8. Wanita kurang nyaman dalam beribadat karena adanya masalah haid dan nifas.
  9. dan lain-lain.

Tetapi? PERNAHKAH KITA LIHAT KENYATAANNYA bahwa penghargaan pada seorang wanita itu sangat tinggi sekali?

  1. Benda yang mahal harganya akan dijaga dan dibelai serta disimpan ditempat yang teraman dan terbaik. Sudah pasti itulah intan permata bandingannya dengan seorang wanita.
  2. Wanita perlu taat kepada suami, tetapi tahukah lelaki wajib taat kepada Ibunya 3 kali lebih utama daripada kepada Bapaknya ?
  3. Wanita menerima warisan lebih sedikit daripada lelaki, tetapi tahukah bahwa harta itu akan menjadi miliknya dan tidak perlu diserahkan kepada suami? Sementara suami apabila menerima warisan ia wajib juga menggunakan hartanya untuk istri dan anak-anaknya ?
  4. Wanita perlu bersusah payah mengandung dan melahirkan anak, tetapi tahukah bahwa setiap saat dia didoakan oleh segala mahluk, malaikat dan seluruh mahluk Allah dimuka bumi ini, dan tahukah jika ia meninggal karena melahirkan adalah syahid dan surga menantinya.
  5. Diakherat kelak, seorang lelaki akan dipertanggungjawabkan terhadap 4 wanita, yaitu : Istrinya, Ibunya, Anak Perempuannya dan Saudara Perempuannya. Artinya , bagi seorang wanita tanggung jawab terhadapnya ditanggung oleh 4 orang lelaki, yaitu : suaminya, ayahnya, anak lelakinya dan saudara lelakinya .
  6. Seorang Wanita boleh memasuki pintu Syurga melalui pintu mana saja yang disukainya cukup dengan 4 Syarat saja, yaitu : Sholat 5 waktu, Puasa di bulan Ramadhan, taat kepada Suaminya dan menjaga Kehormatannya .
  7. Seorang lelaki wajib berjihad di jalan Allah , sementara bagi wanita jika taat kepada suami serta menunaikan tanggung jawabnya kepada ALLAH SWT, maka ia akan turut menerima pahala setara seperti pahala orang pergi berjihad di jalan Allah tanpa perlu mengangkat senjata .

Yakinlah bahwa sebagai Zat yang Maha Pencipta sudah pasti ALLAH Maha Tahu akan segala yang diciptakan-Nya sehingga peraturan-Nya adalah yang terbaik bagi manusia.

Hutang, Penghalang Masuk Surga Oktober 5, 2011

Posted by agusdd in lintas blog, Nasehat, perenungan.
add a comment

Berulang kali saya selalu menekankan kepada Istri dan anak-anak saya, jangan terlalu suka mengumbar janji karena janji itu adalah utang. Bagaimanapun kalau memang kita mampu maka janji itu harus dipenuhi, apalagi kalau janji itu mengatasnamakan Alla (mengucapkan Insya Allah…). wah itu udah tambah lagi itu.

Kenapa soal utang itu selalu saya tekankan, karena sesuai perintah Rasulullah bahwa utang itu termasuk salah satu penghalang masuk surga. Ini dia hadis yang saya peroleh dari media islam.

Muhammad bin Abdullah bin Jahsyi mengutarakan, Rasulullah duduk ditempat jenazah akan diletakkan. Lalu beliau menengadahkan wajah kelangit, kemudian menundukkan kepalanya. Setelah itu meletakkan tangannya diatas kening dan bersabda: Subhanallah..Subhanallahh..tiada sesuatu yang diturunkan yang sangat berat sampai besok pagi.”

Apakah yang dimaksudkan dengan sesuatu yang berat itu?

“Hutang” sabda beliau. Demi Tuhan yang memegang diriku, sekiranya seseorang terbunuh di jalan Allah(fiisabiilillah), kemudian dia dapat hidup kembali, kemudian dia terbunuh, tetapi ia mempunyai hutang, maka ia tidak dapat masuk surga sampai hutangnya itu dibayar lunas.”(H.R Thabrani, Annasaai, dan Hakim).

Nasehat Jika Istri Durhaka Oktober 4, 2011

Posted by agusdd in Nasehat, Tentang cinta.
3 comments

Istri yang tidak mau menuruti perkataan suami, bahkan selalu membantah setiap perintahnya yang benar dari sisi syariat maka dapat dikategorikan sebagai isteri yang telah berbuat nusyuz (durhaka). Ia dianggap berdosa karena sebagai istri ia harus mentaati segala perintah suaminya, selama perintah tersebut tidak bertentangan dengan perintah Allah dan Rasul-Nya.

Bagaimana menyikapi wanita yang durhaka? tidak harus dengan langsung menceraikannya. Namun yang perlu dilakukan sebagaimana petunjuk Allah dalam Alquran, “Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu maka janganlah kamu mencari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi maha Besar.” (An-Nisaa: 34)

Dalam surat An-Nisaa ayat 34 di atas, Allah menjelaskan tentang kedudukan suami sebagai pemimpin keluarga dan juga menjelaskan tentang kewajiban istri untuk mentaati suami. Jika ternyata dalam realita terjadi nusuz dari pihak istri terhadap suami dengan tidak mengindahkan kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhinya, maka Islam mengajarkan langka-langkah yang harus dilakukan oleh suami sebagai pemimpin untuk mengarahkan istri kembali ke jalan yang benar. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama: Hendaklah sang suami menasehati istrinya dengan cara yang baik, seraya mengingatkannya akan kewajiban-kewajiban yang mesti dijalankannya serta mengingatkan bahwa Allah SWT menjanjikan pahala yang besar jika ia mampu menunaikannya dan siksaan yang sangat pedih jika ia melanggarnya.

Kedua: Memisahkan istri dari tempat tidurnya atau membelakanginya ketika tidur, sebagai sebuah pelajaran dari suami. Biasanya seorang istri akan merasa tersiksa jika suami memperlakukan demikian karena seakan-akan suami sudah tidak memperhatikannya lagi.

Ketiga: Ini adalah langkah yang terakhir, jika langkah pertama dan kedua sudah tidak mempan lagi untuk menyadarkan istri. Suami boleh memukul istrinya dengan maksud untuk menyadarkan istri akan keawiban-kewajibannya. Dengan syarat hal tersebut tidak dilakukan dengan penuh amarah dan kebencian, namun didasari kecintaan suami untuk menyadarkan si istri. Langkah yang ketiga ini harus dilakukan sebagai alternatif terakhir jika isteri belum sadar juga, dan harus dilakukan dengan hati-hati jangan sampai membuat isterinya celaka. Dan perlu diingat bahwasnya pukulan yang diperbolehkan adalah pukulan yang tidak membekas dan tidak melukai tubuh istri.

Jika ketiga langkah di atas telah dilakukan namun tidak membuahkan hasil, maka perlu adanya seorang mediator untuk memberikan nasihat dan perbaikan. Allah befirman, “Jika kamu khawatir ada persengketaan antara keduanya, kirimlah seorang hakam (juru damai) dari keluarga laki-laki dan dari keluarga perempuan. Jika keduanya bermaksud memberikan perbaikan, niscaya Allah memberi taufik kepada suami isteri itu.” (QS an-Nisa: 35)

Jika semua cara sudah ditempuh tetapi sikap isteri masih tetap tidak berubah, maka talak merupakan jalan terakhir yang bisa Anda tempuh. Semoga Allah memberikan yang terbaik.

Wallahu a‘lam bishshowab. Dikutip dari Syariah Online

Jilbab September 8, 2011

Posted by agusdd in lihat sekelilingku, Nasehat, pengalaman.
2 comments

Tiba-tiba aja ingin menulis soal jilbab. Kenapa, karena beberapa tahun belakangan ini melihat jilbab menjadi seperti tren ya. Nglihatnya si bukan di publik alias masyarakat umum, tapi lebih pada tipi-tipi yang mulai menayangkan sinetron keluarga — acara yang paling gue nggak seneng dech — yang kebanyakan wanitanya menggunakan jilbab.

Cantik, anggun, dan terlihat muslimah. Ya, itu sekilas komentar gue. Lumayanlah mereka paling nggak menutup aurat. Cuman aslinya nggak tahu. (lebih…)

Siapa Orang Bangkrut? September 7, 2011

Posted by agusdd in Nasehat.
add a comment

Nabi Muhammad SAW
“Tahukah kalian siapa itu yang disebut orang bangkrut?”

Sahabat menjawab
“Kalau di kita, orang bangkrut ialah orang yang sudah tak lagi punya uang dan barang.”

Kata Nabi Muhammad SAW :
“Sesungguhnya orang bangkrut di antara umatku ialah yang datang di hari kiamat kelak dengan membawa pahala-pahala salat, puasa, dan zakat; namun dalam pada itu sebelumnya pernah mencaci ini, menuduh itu, memakan harta ini, mengalirkan darah itu, dan memukul ini. Maka dari pahala-pahala kebaikannya, akan diambil dan diberikan kepada si ini dan si itu, kepada orang-orang yang yang telah ia lalimi. Jika pahala-pahala kebaikannya habis sebelum semua yang menjadi tanggungannya terhadap orang-orang dipenuhi, maka akan diambil dari keburukan-keburukan orang-orang itu dan ditimpakan kepadanya; kemudian dia pun dilemparkan ke neraka.” (Dari hadis shahih riwayat imam Muslim bersumber dari shahabat Abu Hurairah).

Berbagi Cerita Agustus 23, 2011

Posted by agusdd in lihat sekelilingku, lintas milis, Nasehat, perenungan.
add a comment

Nizam, seorang teman yang tidak kukenal akrab bercerita satu sama lain untuk saling menasehati. Kita share bagaimana roda kehidupan saat ini menjelang akhir zaman terlihat berubah. Aku hanya ingin bertanya ke semua teman-teman, apakah kalian juga semua merasakan perubahan yang sama? apa perubahan yang paling signifikan? Kita yang jelas tidak bisa menutup mata bahwa di media massa sudah sering kali diberitakan beberapa ibu membunuh anaknya (kemudian bunuh diri) hanya karena khawatir tidak bisa membahagiakan anaknya.

Di AS ada seorang bapak yang dikenal baik kemudian membunuh 2 putri kembarnya. Seorang psikolog di acara Oprah Winfrey mengatakan bahwa itu terjadi karena bapak tersebut menderita depresi. Diperkirakan 20% penduduk AS pernah menderita depresi. Yang paling berbahaya adalah jika penderita depresi sudah kehilangan harapan (hope) atau putus asa. Orang seperti ini bukan hanya bisa bunuh diri tapi juga bisa membunuh orang yang dia cintai. (lebih…)

Ketika Jibril Mengenalkan Neraka Agustus 9, 2011

Posted by agusdd in lintas milis, Nasehat, perenungan.
add a comment

kembali mengingat seorang guru di madrasah yg suka bercerita. Kali ini adalah soal neraka dan Ada yang  mengingatkan saya kembali dengan melihat blognya yasir.

Yazid Arraqqasyi dari Anas bin Malik ra. berkata: Jibril datang kepada Nabi saw pada waktu yg ia tidak biasa datang dalam keadaan berubah mukanya, maka ditanya oleh nabi s.a.w.: “Mengapa aku melihat kau berubah muka?” (lebih…)

Ketika Bernafas Harus Membayar Juli 29, 2011

Posted by agusdd in lihat sekelilingku, Nasehat, perenungan, science.
2 comments

Sebagai orang tua dari dua anak, saya ikut terpanggil dengan testimoni yang dikirimkan oleh seorang temanku. Isinya tentang penyakit yang baru gue denger namanya GBS. Cukup bisa digunakan sebagai bahan perenungan akan begitu mahalnya biaya ketika hidup kita itu segalanya harus membayar. (lebih…)

Kenapa Pidatonya Harus Sok Inggris? Januari 5, 2011

Posted by agusdd in lihat sekelilingku, Nasehat, pengalaman, Psikologi.
4 comments

bener-bener nggak abis pikir, ada pemimpin negara ini yang jadi panutan tapi gaya bicaranya nyeleneh, sok inggris. apa maksudnya?

Berikut ini daftar Ciklis yang berhasil di telusuri satu persatu sama
temen2 wartawan dari pidato salah satu pemimpin kita. panjang sekali dan sedihnya gayanya yang shok singlish ini.

1. Dalam melakukan evaluasi kita harus merujuk pada parameter
dan ukuran yang jelas. Correct measurement. (lebih…)

Waspada Kanker Hati Juni 8, 2008

Posted by agusdd in lintas milis, Nasehat, science.
add a comment

Jangan Tidur Larut Malam, ada apa? check this out. (lebih…)

“Pengalaman hidup itu tidak akan berulang”, Jangan Menyesal….. Juni 1, 2008

Posted by agusdd in lintas milis, Nasehat, pengalaman.
1 comment so far

Tulisan ini diposting oleh pak Iwan Sams,  kakak tingkat saya dan kakak seperguruan di pekerjaan, hee….. ini adalah cerita sebuah pengalaman true story yang cukup mengharukan. Namun penyajiannya kurang apik.  ya.. setidaknya jika ini terjadi cerita yang ada didalamnya sungguh sangat mengharu biru….. Pokoknya adalah cerita yang luar biasa dan penuh makna. (lebih…)

Harga Sebuah Baju Mei 12, 2008

Posted by agusdd in lihat sekelilingku, lintas blog, lintas milis, Nasehat, perenungan.
1 comment so far

Seorang wanita yang mengenakan gaun pudar menggandeng suaminya yang berpakaian sederhana dan usang, turun dari kereta api di Boston , dan berjalan dengan malu-malu menuju kantor Pimpinan Harvard University .

Sesampainya disana sang sekretaris Universitas langsung mendapat kesan bahwa mereka adalah orang kampung, udik, sehingga tidak mungkin ada urusan di Harvard dan bahkan mungkin tidak pantas berada di Cambridge.

“Kami ingin bertemu Pimpinan Harvard”, kata sang pria lembut.
“Beliau hari ini sibuk,” sahut sang Sekretaris cepat.
“Kami akan menunggu,” jawab sang Wanita.

Selama 4 jam sekretaris itu mengabaikan mereka, dengan harapan bahwa pasangan tersebut akhirnya akan patah semangat dan pergi. Tetapi nyatanya tidak. (lebih…)

hanya sebuah tulisan April 28, 2008

Posted by agusdd in lintas milis, Nasehat.
add a comment

PEREMPUAN ACUAN AL-QUR’AN

(Istimewa buat puteri-puteri Hawa kesayangan Adam)

Bersabda Rasulullah SAW:
“Sebaik-baik perhiasan di dunia ini adalah wanita yang solehah.”
(lebih…)

Suri tauladan Rosul Maret 30, 2008

Posted by agusdd in lihat sekelilingku, Nasehat.
add a comment

Ilmu adalah senjataku

Sabar adalah pekaianku

Yakin adalah kekuatanku

Kejujuran adalah penolongku

Taat adalah kecintaanku

Kebahagiaanku adalah shalat

Nasehat dalam kematian Maret 27, 2008

Posted by agusdd in Nasehat.
add a comment

Mikul Dhuwur Mendhem Jero

Oleh: KH. A. Mustofa Bisri

Di tempat saya ada kebiasaan dalam upacara pemberangkatan jenazah muslim, seorang yang mewakili keluarga almarhum berbicara kepada para pelayat, memohonkan maaf untuk almarhum.

Itu memang sangat diperhatikan oleh keluarga yang sangat mencintai dan menghormati anggotanya yang meninggal. Menurut keyakinan mereka, hal ini sangat penting. Karena ada hadis yang menjelaskan betapa gawatnya kesalahan antar manusia apabila tidak diselesaikan sewaktu masih hidup. Dalam hadis yang bersumber dari shahabat Abu Hurairairah r.a riwayat imam Bukhari misalnya, Nabi Muhammad SAW berpesan, “Barangsiapa mempunyai tanggungan (kesalahan yang merugikan) kepada saudaranya, baik mengenai kehormatannya atau yang lain, hendaklah dimintakan halal sekarang juga, sebelum dinar dan dirham (/uang) tidak laku….” Baca lebih lanjut