jump to navigation

Selamat Buat Indonesiaku karena telah Masuk Investment Grade lagi Desember 15, 2011

Posted by agusdd in science.
trackback

Fitch Ratings-Jakarta/Hong Kong/Singapore-15 December 2011: Fitch Ratings menaikkan peringkat Long-Term Foreign- and Local-Currency Issuer Default Ratings (IDR) Indonesia menjadi ‘BBB-‘ dari ‘BB+’. Outlook atas kedua peringkat tersebut Stabil. Country Ceiling dinaikkan menjadi ‘BBB", dan Short-Term Foreign-Currency IDR dinaikkan menjadi to ‘F3’.

"Kenaikan peringkat ini mencerminkan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan resilien, rasio utang publik yang rendah dan terus menurun, likuiditas eksternal yang menguat, dan kerangka kebijakan makro yang hati-hati", kata Philip McNicholas, Director group Fitch’s Asia-Pacific Sovereign Ratings.

Fitch memproyeksikan pertumbuhan PDB rata-rata lebih dari 6,0% per tahun selama periode proyeksi (sampai 2013), meskipun kondisi ekonomi global yang kurang kondusif. Ekonomi Indonesia yang berorientasi domestic dan keberhasilan menciptakan pertumbuhah ekonomi yang relatif kuat tanpa menimbulkan ketidak seimbangan eksternal, atau ketergantungan pada pendanaan eksternal jangka pendek memperlihatkan bahwa prospek pertumbuhan ekonomi akan tahan terhadap guncangan eksternal, sebagaimana terjadi pada 2008. Utang publik yang rendah dan suku bunga riil yang positif menyediakan otoritas fleksibilitas kebijakan untuk merespons pelambatan.

Tingkat kepercayaan yang lebih tinggi atas kerangka kebijakan macro ada kunci dari kenaikan peringkat ini. Toleransi terhadap penguatan mata uang nominal dalam kerangka kebijakan moneter, dan kesediaan untuk mengetatkan kebijakan jika inflasi mencapai single digit yang tinggi, dan kebijakan fiskal yang hati-hati memperkuat dasar untuk kenaikan peringkat. Fitch berpendapat profil kredit ini memiliki toleransi pada tingkat peringkat yang baru ini atas kenaikan defisit fiskal bila Undang Undang Akuisisi Tanah mengarah kepada belanja infrastruktur public yang lebih tinggi. Rasio utang pemerintah bruto terhadap PDB diperkirakan akan turun dari 26% pada akhir 2010 menjadi 25% pada akhir 2011, jauh dibawah median ‘BBB’ yaitu 36%. Lagipula, rasio utang/pendapatan diproyeksikan turun dari 163% pada akhir 2010 menjadi mendekati proyeksi median ‘BBB’ 126% pada 2012, meskipun adanya kelemahan struktural fiskal berupa pendapatan yang rendah – hanya 17% dari PDB dibandingkan median ‘BBB’ 33%.

Kelemahan struktural yang sudah berlangsung lama seperti pendapatan rata-rata yang rendah (USD3.600 versus median ‘BBB’ USD9.800 pada 2011) dan masalah-masalah yang mempengaruhi iklim bisnis, termasuk infrastuktur yang lemah dan korupsi masih harus diatasi. Akan tetapi, fundamental struktural Indonesia bukanlah yang terlemah dalam sebagian besar kategori ini, dan hal ini tidak membatasi peringkat untuk dinaikkan menjadi ‘BBB-‘.

Kemajuan dalam mengatasi kelemahan structural bersama dengan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, tanpa peningkatan ketidak seimbangan eksternal atau guncangan inflasi yang tinggi, akan memperkuat ekonomi Indonesia dan fundamental kredit sovereign dan akan menciptakan tekanan ke atas pada peringkat dalam jangka menengah. Akan tetapi, Fitch berpendapat kondisi politik telah menjadi kurang kondusif terhadap reformasi, membuat profil kredit sovereign Indonesia kemungkinan akan tetap berada pada kisaran ‘BBB’ yang lemah untuk sementara waktu, sehingga ditetapkan Outlook Stabil pada peringkat ini.

Volatilitas capital flow yang parah yang mempengaruhi ekonomi dan stabilitas keuangan domestik dan secara substansial menurunkan bantalan eksternal akan berpengaruh negative terhadap peringkat. Juga, pemburukan kualitas kebijakan fiskal atau moneter dan/atau ketidak stabilan sistem perbankan, akan mempengaruhi peringkat secara negative.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: