jump to navigation

Indonesia Perlu CCTV Untuk Ini ni… November 8, 2011

Posted by agusdd in science.
trackback

Harusnya fasilitas CCTV sudah bisa terpasang diseluruh sudut kota Indonesia. Ini penting untuk memantau kejadian, bencana, atau sekedar iseng rekreasi belaka.

Intinya gue kepingin alat pemantau seperti ini perlu tersedia untuk seluruh kawasan seluruh Indonesia. Apalagi itu daerah yang indah pemandangannya. Pemerintah bisa dong bekerjasama dengan operator untuk membuat teknologi itu misalnya saja melihat realtime pulau Komodo disana atau membuat kawasan wisatawa online dengan internet. Indonesia kan ada banyak macam budaya dan daerah yang bisa dipertontonkan. Iya kan?

Nah, CCTV juga perlu, karena ini penting untuk meningkatkan kemampuan mengawasi kondisi di seluruh bagian Indonesia dengan baik. Misalnya untuk melacak sekaligus menggambarkan kondisi realtime daerah-daerah yang rawan longsor seperti ditepi bukit, pinggir jurang, jalanan yang gelap juga daerah yang banyak terjadi kerusuhan.

Lihat saja situs macetlagi.com, ini adalah salah satu referensi situs online terbaik di Jakarta yang pernah ada. Bagi saya yang urban ini, pas mau pulang selalu melihat bagaimana kondisi jalanan di Jakarta lewat situs ini. Sangat membantu sekali. Terima kasih buat yang membuat situs macetlagi.com.

Seharusnya pemerintah mampu menyediakan fasilitas tersebut untuk warga negaranya bagi yang mau melihat secara realtime kondisi jalanan di seantero Indonesia yang notabene merupakan daerah kepulauan. Toh, ini juga membantu untuk Kemenhub, Kementerian Perikanan, Pertanian dan kemernterian lainnya yang perlu kan. Masa pemerintah nggak sadar si. Harusnya diperbanyak ni. Ayo dong tambah lagi…

Terus terang, gue baru tahu kalau Kementerian Perhubungan ternyata menyediakan fasilitas CCTV online dengan fitur yang cukup menarik untuk dilihat meski dalamnya rada mengecewakan. Pertanyaanya kenapa hanya di Jawa? Apa pemerintah pusat tidak bisa bekerjasama dengan Pemerintah Daerah? Ya gue si bersyukur sudah ada meski hasilnya juga memble. Tapi lumayan dah ada. Oh ya catatan saya, kalau untuk CCTV pantau lebaran yang di Kemenhub itu dah bagus. Saya sudah pernah melihatnya langsung dan keren sekali. Sayang yang kurang adalah kompilasi datanya nggak realtime, masih manual. Bapuk dah…

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: