jump to navigation

Hutang, Penghalang Masuk Surga Oktober 5, 2011

Posted by agusdd in lintas blog, Nasehat, perenungan.
trackback

Berulang kali saya selalu menekankan kepada Istri dan anak-anak saya, jangan terlalu suka mengumbar janji karena janji itu adalah utang. Bagaimanapun kalau memang kita mampu maka janji itu harus dipenuhi, apalagi kalau janji itu mengatasnamakan Alla (mengucapkan Insya Allah…). wah itu udah tambah lagi itu.

Kenapa soal utang itu selalu saya tekankan, karena sesuai perintah Rasulullah bahwa utang itu termasuk salah satu penghalang masuk surga. Ini dia hadis yang saya peroleh dari media islam.

Muhammad bin Abdullah bin Jahsyi mengutarakan, Rasulullah duduk ditempat jenazah akan diletakkan. Lalu beliau menengadahkan wajah kelangit, kemudian menundukkan kepalanya. Setelah itu meletakkan tangannya diatas kening dan bersabda: Subhanallah..Subhanallahh..tiada sesuatu yang diturunkan yang sangat berat sampai besok pagi.”

Apakah yang dimaksudkan dengan sesuatu yang berat itu?

“Hutang” sabda beliau. Demi Tuhan yang memegang diriku, sekiranya seseorang terbunuh di jalan Allah(fiisabiilillah), kemudian dia dapat hidup kembali, kemudian dia terbunuh, tetapi ia mempunyai hutang, maka ia tidak dapat masuk surga sampai hutangnya itu dibayar lunas.”(H.R Thabrani, Annasaai, dan Hakim).

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: