jump to navigation

Ketika Istrimu Hamil Desember 11, 2010

Posted by agusdd in lihat sekelilingku, science, Tentang cinta.
trackback

Temani istri tersayang yang lagi hamil sungguh menyenangkan. Selain tidak was was, banyak ilmu yang juga bisa didapat. Sekedar share mungkin berguna untuk teman-teman.

Ini hasil ketikan cepat saja saat mengikuti seminar ttg ibu hamil oleh Dokter Prima, di Jakarta. Ini ada beberapa catetan-catetan yang menurutku penting dari pendapatnya dokter Prima.

Agar bayi itu tumbuh sehat dan punya kemampuan canggih perlu ada rangsangan. Kuncinya ada 6 M, yaitu
– Mozat esensi musik klasik, beethoven boleh, intinya musiknya tenang. Metalica, y nggak bisa. Music slow keroncong, irama bagus, efeknya akan muncul, jd pertama kuncinya musik yang menenangkan.
– Kapan waktunya, jawabnya Malam hari, jadi cukup sehari sekali.
– Kegiatan mengenalkan musik ini sebaiknya dilakukan mulai Minggu ke 20 ke atas Jadi setelah mulai hamil 5 bulan.
– Yang terpenting lain adalah, saat memberikan rangsangan maka harus Menempel perut ibu. Bayi mendengarkan lewat getaran. karena pendengaran itu bisa lewat dua cara, bisa getaran tulang dan suara. Atau suara yang kencang juga bisa, tapi kan ganggu tetangga. Nah berhubung bayi masih dalam perut, maka dia akan mendengarkan lebih banyak lewat getaran tulang.
– Waktunya berapa lama, itu cukup Enam Puluh menit. Nggak perlu lama-lama.

Dari itu semua harapannya adalah bayi nanti bisa memiliki kemampuan Multiple Inteligeences.

Peran susu ibu hamil
Minum susu itu penting untuk memenuhi sebagian nutrisi karena telah diperkaya dengan berbagai suplemen vitamin, mineral dan micronutrien. Susu muga sangat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi lain selama ibu hamil.

Rasanya memang tidak enak, makanya kalau minum gunakan kepala.

Pilih jenis susu yang paling lengkap, bukan mahal. Jangan terpengaruh dengan kemasan atau promosi, pokoknya lihat isi kandungan.

Lengkapnya bisa lewat http://www.facebook.com/drprima

Bagaimana makanan ibu hamil?
Ibu hamil sebenarnya, makan makanan apa saja boleh. Tapi pada saat sekarang, kondisi lingkunganlah yang melarang kita untuk memakan misal di Jakarta itu kerang, kepiting, udang kecil, dan beberapa lainnya, kenapa karena makanan itu menjadi tempat terendapnya logam berat itu yg membuat badan kita lebih jelek. Kalau tinggal di Papua si tidak masalah. Lainnya makan bakar-bakaran, lalu yang mentah, sayur mentah. Boleh si sebenarnya, tapi harus yakin kalau itu bersih.

Makanan cepat saji misalnya, itu dihindari karena banyak yang mengandung hormon esterogen lebih tinggi. Tapi kalau memang mau makan, hindari makanan tempat penyuntikan hormon itu di leher dan sayap. Itu tempat nyuntik biar ayam gemuk. Jadi lebih baik makan ikan dan ayam kampung.

Kalau cemilan, jangan yang kandung MSG tinggi, kayak mie instan, snack yang banyak MSG, pokoknya lebih baik alamai. Lalu makan sayuran lebih sering. Makan tidak pelru banyak, tapi porsi sedikit sering, jadi tiap 3-4 jam.

======
DI USG satu jam bahaya? tidak. Jadi jangan takut tiap hari USG. Tiap hari tidak apa-apa di USG, asal jangan satu jam terus-terusan, itu nanti panasnya saja. USG aman karena frekuensinya sama dengan pendengaran kita. Malah sebenarnya yang bahaya handphone.

======
Ada bayi aktif?
Bayi yang krusak krusuk itu karena Ibunya lapar. Coba saja ibunya makan, nanti bayinya akan lebih tenang.

Bayi makin aktif memang bisa bahaya, nanti kelilit tali pusat. Tali pusat bahaya kalau lilitan 3 atau 4 ke atas. Jadi coba aja konsumsi makanan.

Kopi bahaya? tidak secara langsung. Boleh minum kopi. Seberapa banyak itu masalahnya? 1-3 cangkir sehari. Jangan berlebihan. Kalau berlebihan itu nanti kedenyut jantungnya.

Coklat, efeknya sama, teh jug, itu stimulan. Kalau hamilnya lemes, minum kopi aja dikit, itu bisa bantu badan lebih fresh, yang nggak boleh minum bercangkir-cangkir. Sama makan coklat juga begitu.

======
Kaki ibu hamil bengkak dok?
60% kaki ibu hamil bengkak, itu normal itu karena pembuluh darah balik terhambat. Itu mungkin karena ibunya banyak bekerja. Yang bahaya bila kaki bengkak itu diikuti tensi tinggi, namanya pre clamsial. itu kehamilan diatas 26 minggu keatas. Itu berbahaya, jadi kalau bengkak, lihat tensi darahnya, kalau tidak berarti tidak apa-apa. Pemecahannya gimana, itu kaki diangkat, atau ibu pakai stoking kehamilan, jadi kaki dipres agar aliran darah dibantu naik ke atas, lalu kurangi konumsi garam dan apabila bengkaknya besar dibantu dengan menambah kalsium dan vitamin B komplek, itu u membantu metabolisme ibu lebih baik.

Konsumsi minyak ikan?
Boleh, karena DHA itu berasal dari ikan, mengandung OMEGA 3. Itu boleh dikonsumsi. Sehari sekali cukup, tapi sebaiknya jangan terlalu tinggi DHA nya, memang ada yang tinggi. Tapi minum saja yang dari dokter, soft gel, itu pas untuk ibu hamil.

Ketuban hijau dok?
Kenapa hijau, harusnya kan bening. MAsalahnya apbila bayi mengalami stress, atau stress saat bersalin maka bayi akan mengeluarkan kotorannya. E ek bayi itu warnanya hijau, dna itu kaya serat. Makin stress bayi, makin banyak kotorannya, maka ketubannya akan makin hijau dan kental. Jadi kalau lahir ketuban hijau, maka bayi itu dah gawat. BAyi bukan meminum ketuban, tapi menghirub. DIa minum ketuban untuk membuat air kencing. BAyi menghirup ketuban itu bahaya. Misalnya kayak ibu nyemplung ke lumpur kental. Jadi peran tenaga medis jangan sampai ibu mengalami ketuban hijau kental, kalau sampai terjadi, segera ditangani jangan terlalu lama dioperasi atau lainnya.

…?
Tidak semua bisa terlihat dengan USG, misal anus tidak terbentuk itu susah terdeteksi. Tidak semua dokter bagus gunakan USG. Jadi datang ke tempat yang lebih bagus supaya dokter bisa melakukan skreaning lebih baik. Nanti itu untuk konsultasi apabila memang ada kelainan, bagaimana kelairan. Kelainan itu skeli lagi karena nutrisi. Wanita subur, hamil dna menyusui itu penting untuk mendpatkan nutrisi.

Plasenta normal diatas. Plasenta itu terbentuk dari kecil, itu ada disamping lalu kalau bergeser itu mengikuti rahimnya yang membesar. Nah ketika makin besar, maka di bergerak ke atas. Kalau untuk memastikan wah plasenta ibu umur 3 bulan disamping, ini harus dioperasi? itu terlalu dini. Menurut saya itu baru bisa setelah 36 minggu, setelah itu baru bisa dilihat apakah perlu dioperasi atau tidak.

Perhatian
Ibu hamil harus cuci tangan sebelum makan, karena misal megang kucing nanti itu bisa kena toksoplamsa. Jadi jangan hanya membiasakan cuci tangan ke anak kecil, ibu hamil juga tu.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: