jump to navigation

Jika saya adalah Presiden Mei 31, 2008

Posted by agusdd in lihat sekelilingku.
trackback

Saya adalah pemuda bangsa yang baru kemarin sore dibesarkan. Melihat negara ini pun baru sepintas lalu, blm banyak pengalaman, asam garam, pengetahuan ataupun ilmu. Tapi saya punya semangat untuk membangun bangsa ini.

Apa yang saya lihat sekarang?

Jawabannya adalah ketidakteraturan, terlalu banyak masalah dengan dalih birokrasi, kekacauan, kemiskinan, pengangguran, kebodohan dan sistem yang berjalan tidak dengan tepat. Makanya negara kita ini tidak maju-maju.

Jika saya menjadi Presiden,

mungkin g ya….. hee…

Maka hal-hal pokok yang akan saya lakukan adalah? Membuat sistem dinegara ini bisa teratur. Caranya yaitu dengan memangkas habis yang borok-borok itu agar bisa berjalan seefisien mungkin. Tidak ada lagi birokrasi njlibet.

Semua harus berjalan sesuai koordinasi pemimpin. Langsung telepon, kendali beres. Ini dia pointnya :

Pertama adalah program fisik. Disini yang akan saya evaluasi adalah apa yang saya lihat disekeliling saya. Pendapat saya ini karena memang sudah harusnya dibenahi. Apa itu?

Kebersihan. Presiden kan pasti selalu di Jakarta, karena di sinilah letaknya istana negara. Sebagai rumah dan saya anggap sebagai rumah saya, maka Jakarta adalah rumah yang kotor. Makanya saya akan panggil Menteri Lingkungan Hidup, Menteri Teknologi, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial dan Gubernur Jakarta. Saya akan tanyakan apa yang dapat mereka lakukan dengan rumah saya? Bukan hanya teori atau laporan, tapi prakteknya.

Saya akan minta data kesehatan, turunnya minat warga menggunakan air di Jakarta, sedihnya anak-anak tidak bisa bermain air sungai, sedihnya para pemulung dll…….

Jika saya menjadi Presiden maka Instruksi saya, saya akan minta dibersihkan rumah saya ini dalam waktu satu minggu.

Jika ditanya, apakah mungkin? tidak ada kamus tidak di zaman sekarang ini. Jika mereka membantah, maka saya akan minta rumah saya bersih besok pagi juga. Ingat, hanya satu minggu.

o Gimana caranya, gampang sekali. Alat2 untuk menjernihkan sudah cukup banyak. Kalo dibilang dana kita tidak cukup untuk membersihkan wilayah yang bgt luas dll dengan alasan lain saya akan jawab, liburkan warga Jakarta seluruhnya. Saya juga akan menginstruksikan Minggu depan perintah yang sama ke 33 Gubernur provinsi saya, saya akan minta mereka melakukan hal yang sama.

o Kepada seluruh rakyat Indonesia, mulai detik ini tidak ada yang boleh buang sampah sembarangan karena besok kita akan melakukan pembersihan, saya tanya bisa? Jawabnya harus bisa. Seluruhnya harus bersih.

o Caranya gampang kan, alasan dana itu tidak beralasan. Warga diliburkan dua hari dan membersihkan lingkungan rumahnya masing-masing saja, yakin bisa bersih kok. Sampah diangkut ke post dst…. Ada strategi khusus untuk menangani sampah yang berserakan.

o Catatan sampah juga harus dipisah antara sampah organik dan nonorganik. Sungai pun tidak boleh lolos, Menteri lingkungan harus memerintahkan dinas kebersihan untuk membuat sungai jernih dalam waku 3 bulan, tidak ada kata tidak. Dan masyarakat pun harus belajar disiplin supaya menjaga lingkungan. Saya yakin dan mungkin sekali dalam 3 bulan, sungai Jakarta sudah akan banyak ikan yang bisa dipancing dan dimakan.

Kedua soal kemacetan. Sebagai rumah saya, selain kotor Jakarta ini juga penuh sesak hingga membuat saya jika mau jalan harus menunggu berjam-jam. Yang akan saya lakukan adalah memanggil Menteri Lingkungan, Kesehatana, Perhubungan, dll yang terkait untuk mengatasi persoalan ini.

Saya akan minta besok pagi kendaraan Jakarta lengang. Apa yang harus dilakukan, ada banyak caranya. Dan ini gampang sekali, saya g tahu kenapa pemerintah sekarang g open. Terlalu banyak mikir kali ya…

Oh y, untuk satu cara ini saya akan minta deadline besok pagi, Jakarta sudah harus lengang.

Caranya bisa gini: gampang kok, kendaraan pribadi tidak boleh keluar di Jakarta. BBM saya minta dinaikkan 200 persen setelah subsidinya di cabut 100 persen. Silahkan pake kendaraan pribadi jika sudah sangat kaya.

Kedua kendaraan umum akan digeratiskan BBMnya, dan penumpang jg digeratiskan jika naik kendaraan umum. Tidak ada biaya.

Satu lagi kendaraan umum juga harus ditertibkan jalur dan jumlhnya dibuat seefisien mungkin dan jalannya dipercepat minimal 50km per jam. Ini membuat transportasi cepat dan mereka yang membutuhkan kecepatam tidak lagi banyak mengeluh. Kendaraan juga tidak boleh berhenti disembarang tempat dan berhenti lebih dari 15 detik. Gampang kan…..

Bersambung………..

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: