jump to navigation

Terlihat Embrio Planet April 3, 2008

Posted by agusdd in astronomi.
trackback

Sebuah penglihatan calon bakal planet yang baru berumur 2000 tahun ditemukan oleh peneliti. Gamabaran bola yang berupa kumpulan debu dan gas ini baru saja memasuki proses pembentukan yang diperkirakan besarnya bisa sama dengan Jupiter. Tim dari Inggris yang menemukan calon planet ini mengatakan lokasi planet baru ini ada di sebuah tempat berdekatan dengan bintang HL. berikut videonya dari bbc news

Dr Janes greaves, astronom peneliti pertumbuhan planet ini mengatakan planet ini tumbuh mungkin saja sekitar 1600 tahun lalu dimana saat bintang muda lain ada yang mendekati bintang HL ini. Bagi yang penasaran selengkapnya, cerita Jane Greaves ini dituliskan lengkap dalam makalah presentasinya di pertemuan para astronom UK di belfast, 2 April lalu. Menurut greaves bahwa banyak ilmuwan telah mempelajari lempeng dan gas ini. Selain sangat menarik, dugaan peneliti bahwa sejarah Bumi mungkin saja sama.

”Bintang ini berada 520 tahun cahaya di rasi bintang Taurus dan umumurnya baru sekitar 100 ribu tahun,” ujar Greaves. Lempeng yang terlihat sudah lebih padat dan pemusatan di bagian intinya masih terlihat jelas. Dalam foto yang dihasilkan peneliti masih melihat bahwa kelahiran planet ini baru saja dimulai.

Gambaran planet baru ini bisa dilihat dengan menggunakan teleskop radio very Large Array (VLA) milik Amerika. Pengawasan dilakukan dengan melihat perubahan materi yang terjadi. Ada dugaan jika planet adalah yang termuda dari yang pernah ditemukan.

Komentar»

1. anik - April 17, 2008

Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersediaa plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://infogue.com
http://infogue.com/astronomi/terlihat_embrio_planet/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: