jump to navigation

Permainan bahasa : Ide yang unik Maret 30, 2008

Posted by agusdd in game.
trackback

Ini adalah permainan otak-atik kata yang asik. Tujuannya adalah mengubah sebuah kata menjadi kata lain, dengan aturan main sebagai berikut.

1. Hanya boleh ada satu huruf yang diubah pada setiap kesempatan
2. penggantian huruf tadi haruslah menjadi kata baru yang dikenal (misalkan Bahas Indonesia)

contoh : mengubah kata MERAH menjadi PUTIH

MERAH
PERAH
PARAH
PATAH
PATIH
PUTIH

sekarang, cobalah ubah kata ITIK menjadi AYAM; TULIS menjadi LISAN

siapa yang berhasil menemukan cara paling singkat?

Permainan ini boleh jadi menarik untuk pelajaran Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

dikutip dari muzi dalam sebuah milis pendidikan :
suka bermain ini bersama anak-anak, ketika dalam perjalanan

Komentar»

1. suci - Maret 31, 2008

mau coba dong…bener gak sih…

itik
atik
ayak
ayam

tulis
lusin
lisan

2. bayoe - Juli 16, 2008

yang bener ne..

itik
atik
ayik
ayak
ayam

3. udung - Mei 24, 2009

memek
momok
mimik

4. anjing - November 7, 2009

gX seru anjikkkk

5. liliput - Mei 12, 2010

bener gak niihhh….

mama
mami
mimi
mumi
bumi
budi
padi
papi
papa

6. ????? - Mei 15, 2010

apasih pada gak jelas !

7. abil - Mei 16, 2010

apa
api
upi
upil
Babi

8. rausan - Mei 16, 2010

anjing
ngentot
Babi

9. Anonim - Juni 15, 2010

ok

10. Gandor - Juli 30, 2010

Terimakasih banget informasi permainan ini ! Kalau masih ada tentang permainan bahasa diinformasikan lagi ya…….!

11. ai - September 3, 2010

tulis
tulas
tilas
tilan
tisan
lisan

12. Anonim - September 28, 2010

huah,,
yg bner ajja..
pmbelajarn ug ddkait”n dgn hal_hal gx pntg gt..
gx punya massa depan bgd,,
tidak sesuai harapan bangsa..
jawab yang bener..
lx emg niat!!!!!!!!!!!!!
thx,,

13. cicot - Desember 4, 2010

ahaahaayy…
bisa jadi bahan ney..

14. yoana - Desember 10, 2010

itik
atik
ayik
ayak
ayam

tulis
lulis
lilis
lisis
lisas
lisan

15. Anonim - Februari 12, 2011

very bad

16. brandon - Februari 12, 2011

jelek banget!!!

17. indra - Februari 12, 2011

games yang aneh!!

18. indra - Februari 12, 2011

too sstuuppid

19. eka - Februari 23, 2011

you are creatif…
jawaban ana yach..
ITIK
ATIK
ALIK
ALIM
ALAM
AYAM
Ada yg punya creatif permainan logika yg lain gak?ana butuh untuk selingan mengajar nih..kirim via email yach,sukron..

20. zahra - Mei 2, 2011

jelek permainan nya

21. jiwandani - Mei 10, 2011

waaaaaaaaaaaaaaaa bingung. anak didik gue bakal mlongo ntar.

22. Anonim - Juni 15, 2011

utk org yg mempunyai akal yg terlatih aja yg bisa. jadi kl bs yg lebih sederhana yach

tp bs kok di praktekkan, tp sdikit aja sasarannya

jgn kecil hati temukan kembali trik permainan yg baru

23. yuli - Juni 15, 2011

utk org yg mempunyai akal yg terlatih aja yg bisa. jadi kl bs yg lebih sederhana yach

tp bs kok di praktekkan, tp sdikit aja sasarannya

jgn kecil hati temukan kembali trik permainan yg baru

24. Anonim - Juli 5, 2011

jaber…!!!

25. Arnel Lizher - Juli 5, 2011

tolong berikan permainan yg lebih efektif dan menarik, permainan ni adalah permainan logika suku kata yg membutuhkan kematangan berpikir tingkat tinggi, saya yakin, seorang gurupun akan menemukan byk kebingungan, tidak hanya menemukan perubahan suku kata yg tepat,tapi juga kesulitan dalam mengatur akal dan nalar siswa

26. ainurfiqly - Juli 11, 2011

F
U
C
K

27. statisisholihah - Juli 15, 2011

Assalamu’alaikum..
maaf sebelumnya, mau minta izin copy paste permainannya buat outbond besok..
makasih banyak sebelumnya

>>>
silahkan mbak, itu juga di share dari teman2.

28. dika - Juli 22, 2011

makan
daging
ayam
enak
itik jg enak
jadi prmainannya
enak……….poooll

29. nisa - November 12, 2011

kalau dalam bahasa inggris bisa gak ???

agusdd - November 12, 2011

wah mungkin bs juga ya. Belum pernah coba😀

30. Anonim - Desember 2, 2011

yang lain ada lagi gak…

31. trias - Desember 31, 2011

yg ngerti cuma orang cerdas^^
jangan menunjukan ketidak cerdasan anda dengan berucap kotor atau mengejek, itu tidak baik^^

32. Aries - Januari 30, 2012

Qw ska prmainanx…..!!!!!!!

33. zaini - April 10, 2012

pada parah banget lo semua

34. rex - April 25, 2012

bahan referensi nih ..:-)
ga usah ditanggapi yang bicara kotor tuh,…

35. Anonim - September 3, 2012

yang ngomongnya ga jelas..itulah kelebihan kreatifitas mereka.

36. h.lukman - November 2, 2012

itik
atik
ayik
ayak
ayam

anonymous - November 2, 2012

h

37. Yuliani Ajjow - November 16, 2012

amazing…

38. Anonim - Desember 13, 2012

bagus untuk sebuah pembelajaran, untuk menjadikan permainan di kelas, membuat murid yang bosan, ngantuk, menjadi senang dan riang. bagus.

39. Anonim - Januari 15, 2013

insya allah bermanfaat …..

40. Bagazt - Maret 4, 2013

Papa
Papi
Papo
Pipi
Pupa
Popa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: