jump to navigation

Televisi Ganggu Perkembangan Otak Anak Januari 9, 2008

Posted by agusdd in Psikologi.
trackback

Penting-ting, jangan banyak nonton TV pokoknya…. OK

Televisi menurut penelitian terbaru, ternyata tidak banyak mendukung perkembangan otak anak. Dikatakan bahwa anak yang banyak dibacakan cerita dari orang tua secara langsung mampu menangkap 8 persen perbendaharaan kata lebih banyak dari rata-rata. Sementara mereka yang mendengarkan cerita yang sama dari DVD atau televisi, jumlahnya jauh lebih rendah hingga 20 persen dari rata-rata.

Pengetahuan ini memberitahu peneliti, bahwa televisi tidak memberikan respon baik terhadap perkembangan otak. Prediksi sementara bisa dimungkinkan pada letak tivi yang salah atau karena daya tangkap anak. Namun dalam beberapa kali pembuktian bisa dipastikan bahwa acara dalam televisi dinyatakan tetap tidak baik.

Dilaporkan bahwa penelitian telah melibatkan 1000 anggota keluarga yang memiliki kisaran bayi dengan umur 16 bulan. Dalam penelitian tersebut salah satu acara yang disebutkan adalah Baby TV. Penelitian lain yang memperkuat adalah pembacaan cerita bagi anak-anak umur 12 bulan dengan bahsa China. Ditemukan hal yang sama juga terjadi, daya tangkap anak tetap lebih baik ketika sanga ank belajar langsung dari manusia ke manusia.

Profesor Manfred Spitzer, peneliti dan dokter ahli yang memuat penelitian dalam majalah Neu-Isenburg secara lebih spesifik mengatakan bahwa bayi tak dapat memproses rangkaian dari tampilan benda maupun suara televisi.

Televisi secara mendasar tidak baik bagi otak bayi, demikian dikatakan oleh sejumlah dokter spesialis yang dimuat dalam majalah kedokteran Jerman awal pekan ini.

Bahkan acara khusus televisi dan DVD rancangan khusus bagi bayi yang mengklaim dapat meningkatkan perkembangan otak secara nyata lebih membawa pengaruh buruk bagi perkembangan otak bayi,” demikian pernyataan
Bayi belajar mengalami gangguan dari televisi, demikian laporan ilmuwan yang mengacu kepada daya kerja otak yang merupakan penelitian dari Ulm.

Komentar»

1. cie maniez - Januari 10, 2008

jadi boleh nonton TV nya berapa lama dong?

2. agusdd - Januari 10, 2008

g usah nonton, haa…

3. waduh lupa - Januari 19, 2008

wow!!!padahal aku hoby nonton tp. wahhhhhhhhhhhhh.

4. NuvV - Agustus 16, 2008

Kalo nongkrong di depan layar komputer terus-terusan gimana Bang?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: