jump to navigation

Alga Pembersih Cerobong Asap Januari 9, 2008

Posted by agusdd in lingkungan, science.
trackback

Membersihkan cerobong asap dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah cara unik yang ditempuh oleh Isaac Berzin, peneliti dan penggemar alga di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Menggunakan sekumpulan alga, Ia menumbuhkannya di cerobong asap pembangkit listrik di kampus MIT. Hasilnya pun cukup mengejutkan, alga tumbuh dengan pesat dan bisa dipanen.

”Ide ini muncul ketika saya menggun alga sebagai pembersih pembangkit di Stasiun Angkasa Internasional,” katanya.

Cukup dengan membuang cerobong asap ini ke kolam alga, pertumbuhannya dikatakan lebih cepat. Proses ini, katanya, membuat polusi CO2 berkurang 40% (lebih besar dari yang dimandatkan perjanjian Kyoto) dan bonus lainnya 86% lebih kecil untuk kandungan NO.

Setelah CO2 menjadi tebal seperti spons, alga dipanen setiap hari. Hasil panen dapat dihasilkan biodiesel. Sebagai bukti Berzin menunjukkan dua tabung, satu berisi biodiesel alga dengan warna kekuningan, dan satunya dengan kerak hijau. Bahkan kerak ini dapat diproses menjadi ethanol yang juga untuk transportasi.

Walaupun masih jauh dari final “teknologi ini menimbulkan cukup sensai”, kata Barry Worthington, direktur eksekutif pada Asosiasi Energi Amerika di Washington yang membawahi perusahaan penyedia listrik, pemerintah, dan industri minyak dan gas.

Walaupun masih jauh dari final “teknologi ini menimbulkan cukup sensai”, kata Barry Worthington, direktur eksekutif pada Asosiasi Energi Amerika di Washington yang membawahi perusahaan penyedia listrik, pemerintah, dan industri minyak dan gas.

Komentar»

1. cie maniez - Januari 10, 2008

cerobong asap dibuang ke kolam? hem kayaknya perli di klarifikasi tuh bi…maksudnya asapnya kali yang disalurkan ke kolam sehingga tidak membuat polusi udara..hehe, peace ya bi

…tapi kalo bener ada alga atau jamur yang bisa membersihkan cerobong asap, wah santa (bagi yang percaya) gak bakal batuk-batuk lagi kalo masuk cerobong. hehehehe

hee…
iya no jeng, maksudnya juga gitu, asap yang biasanya melalui cerobong itu dibelokkan ke kolam gitci. bukan cerobongnya dibuang ke kolam, lah percuma dong….😛

2. SUSILAWATI - Juni 2, 2008

AGUS BOLEH JUGA TUH ARTIKEL NYA….BISA NGGGAK MAMA DIKIRIMKAN SECARA LENGKAP, MANA TAU BISA DITERAPKAN DI KKA.
OH YA AGUS AND CICI KALAU BISA SEKALIAN DONG TEKNOLOGI TERBARU UNTUK PENGOLAHAN AIR LIMBAH PABRIK PULP AND PAPER UNBLEACH YANG HEMAT BIAYA DAN LIMBAHNYA BISA DIPERGUNAKAN ATAU REUSE OR RESYCLE.
MAMA TUNGGU LHO..

iya si Ma, bagus. tapi sumbernya dari maan lupa. hee.. ntaran ya kalo ketemu lagi Agus kabari.

3. sajarat - Juli 30, 2008

as.boleh tu artikelnya bagus.da yg lengkap g? kalau da boleh dikirim ke email g?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: