jump to navigation

Turki Ustmani Simbol Kejayaan Terakhir September 28, 2007

Posted by agusdd in Sejarah.
trackback

Pemerintahan Islam adalah pemerintahan paling besar dan paling lama dalam sebuah sejarah kepemimpinan di dunia. Sejak Rosulullah SAW mengumandangkan Islam adalah sebagai agama dan petunjuk terakhir dari Allah SWT, selama 10 abad, kepemerintahan Islam dapat terus berdiri dengan berbagai kejayaan dimasa pemerintahan setiap khalifah. Islam sendiri dengan turun temurun wilayahnya kekuasaanya pun adalah kekuasaan terbesar yang melebihi negara adi daya seperti Amerika dan Uni Soviet.

Allah dalam firmannya Surat Ar-Rum ayat 1-4 mengabadikan bangsa Romawi tersebut pasti akan terkalahkan. Dalam surat tersebut disebutkan bahwa barang siapa yang menantang Nabi Muhammad SAW, maka akan dihancurkan sebagaimana hancurnya umat-umat terdahulu.

”Dalam beberapa tahun (lagi). Bagi Allah-lah Urusan sebelum dan sesudah (mereka menang). Dan di hari (kemenangan bangsa Romawi) itu bergembiralah orang-orang yang beriman, karena pertolongan Allah. Dia Menolong siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Dia-lah yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang.” Al Quran Surat 30 Ar Rum ayat 4-5.

Kekuatan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad dalam haditsnya memang benar. Disabdakan bahwa umat Islam sebaiknya agar menguasai berkuda, memanah, dan berenang. Nabi Muhammad adalah pemimpin yang berpikiran lebih maju. Jika hanya dengan berperang layaknya Persia-Romawi seperti masa lalu yang menggunakan kekuatan otak, maka Islam bisa dikalahkan dengan sangat mudah.

Rosulullah SAW pernah bersabdah, “Konstantinopel pasti tertaklukkan. Sebaik-baiknya panglima dan tentara adalah yang menaklukkan kota itu”. Terbukti pada abad 14, Turki Utsmani di bawah Sultan Muhammad Al-Fath, berhasil merebut konstantinopel. Meski wilayah ini dibatasi oleh selat Bospurus dengan dihadang oleh para tentara Romawi Byzantium di pantai, tentara Islam berhasil merebut dengan melakukan serangan panah dan berenang. Sultan Muhammad II digelar dengan Al-Fatih yang berarti Sang Penakluk.

Karena usaha untuk menakhlukkan Konstantin ini telah berlangsung sejak 34 H/654 M, pada masa pemerintahan Usman bin Affan. Dia mengirimkan Muawiyah bin Abu Sofyan dengan pasukan yang besar untuk mengepung dan menaklukkannya. Tetapi mereka pulang dengan tangan hampa disebabkan oleh kokohnya pagar yang mengilingi Konstantinopel. Berulang kali dibawah pereintahan berikutnya dengan 20 ribu tentara juga gagal karena terhalang oleh suhu dingin. Baru setelah pada pemerintahan Turki Ustmani dalam beberapa kali pergantian kepemimpinan Konstantil berhasil di takhlukkan.

Pada masa pemerintahan Al Fath, Istanbul terus menjadi ibu kota dan berkembang menjadi pusat kebudayaan dan pemikiran pertama di dunia Islam. Bahkan coraknya hingga kini terus diacu terutama pada seni arsitektur dan model bangunan masjid-masjid  zaman modern.  Kekalahan Turki Usmani dimulai ketika runtuhnya Istanbul pada tahun 1341 H/1922 M. Setelah 5 abad menjadi ibu kota kekhalifahan Usmani, ibu kota dipindahkan oleh Attaturk ke Ankara. Kemudian secara perlahan kekhalifahan terakhir Islam tersebut dihancurkan karena ada ditangan manusia yang tergiur dengan kemegahan dunia.

Komentar»

1. adoel - November 24, 2007

tandanya kiamat sudah dekat, pada massa rossulullah hanya ada dua pemerintahan yaitu islam yg mngatur negaranya dgn hukum Allah dan negara kafir yg mngatur negaranya dgn hkum buatan manusia oleh sebab itu rosulullah berhijrah mka kita pun hrus berhijrah yaitu dgn ingkari kekafiran jka tdk kta akan mnjadi kafir

2. sutris - Maret 29, 2008

Andaikan semangat untuk menegakkan panji2 islam dimuka bumi terpatri dalam setiap muslimin insyaallah kejayaan yang kita capai dulu akan kita raih………..Sudahkah kita memilikinya??????????

3. Anonim - November 5, 2008

Mari kita tingkatkan keimanan dalam hati kita untuk menghadapi era glo

4. ammi - November 17, 2008

hebat euy karyaynya

5. bowo - Februari 28, 2009

dimana ya kita bs belajar memanah? untuk daerah surabaya>


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: