jump to navigation

Mesin Pompa Air Pertama September 28, 2007

Posted by agusdd in Arsitektur.
trackback

Ide meletakkan air dipermukaan paling tinggi kemudian masyarakat tinggal memanen dan menikmati kucuran air tersebut tanpa harus bersusah payah lagi ternyata sudah diterapkan sejak jaman dahulu. Ide ini dikeluarkan oleh seorang tokoh muslim yang bernama Badi Al-Zaman Abullezz Ibn Alrazz Al-Jazari. Atau sering dikenal Al-Jazari. Beliau digelar Al-Jazari untuk mengenang tempat kelahirannya di Al-Jazira, sebuah wilayah yang terletak di antara Tigris dan Efrat, Iraq.

Bermula dari temuan kincir yang berhasil ia ciptakan, inspirasi untuk mengangkat air kepermukaan yang lebih tinggi muncul. Modelnya cukup sederhana. Prinsip dasar aliran air mengalir dari perukaan paling tinggi ke purmukaan yang rendah digunakan sebagai tenaga pengangkat air tersebut. Hanya dengan berbekal gaya gravitasi saluran air untuk tanaman dan keperluan masyarakat bisa tercukupi lebih mudah.

Mesin sesuai desain gambar (peninggalan Al Jazari dengan gambar yang cukup detail), pergerakannya dibangkitkan dari tenaga hewan dan air. Jalannya air sendiri bisa mengalir melalui pipa ketika turbin diputar oleh hewan.  Air ini diangkat dari dasar oleh mangkuk-mangkuk yang dibuat seperti tali. Perputaran pada sumbu turbin membuat mangkuk-mangkuk ini bisa berjalan sambil membawa air dan kemudian ditumpahkan pada saluran untuk ditampung ditempat khusus.

Dari tampungan air kemudian dialirkan melalui pipa dan dikeluarkan pada tempat dibagian bawah bak penampung. Pada bak penampung air kedua ini Al Jazari menempatkan kincir dengan dilengkapi mengkuk yang berguna untuk menampung jatuhan air. Air yang jatuh tepat pada mangkuk ini kemudian memutar kincir. Tenaga putaran kincir yang bergerak itu kemudian digunakan kembali untuk memutar turbin putar pertama yang digunakan untuk mengangkat air ke atas. Demikian mudahnya alat ini digunakan membuat hewan tidak harus bekerja keras untuk memutar turbin.

 

Karya besar Al Jazari yang kini banyak di kembangkan dengan teknologi modern ini dapat ditelusuri dalam terbitan buku berjudul Al-Jami Bain Al-Ilm Wal-Amal Al-Nafi Fi Sinat’at Al-Hiyal. Sedikitnya dalam buku tersebut ditulis 60 karya inovasi yang dibuat oleh Al Jazari. Dalam karya-karyanya tersebut juga tergambar 50 alat mekanik yang cukup kreatif.

Saat ini para sejahrawan seperti Prof Dr Wan Ramli Wan Daud, dari Fakulti Kejuruteraan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), terus mencari peninggalan dan mengumpulkan karya-karya mekanik ilmuwan Islam masa lalu. Seperti alat mekanik “jam air”, kata Wan Ramli, hasil karya Al Jazari ini yang dibuat tahun 1206 dikatakan sangat dikagumi oleh para ilmuwan dan menjadi karya terbaik dalam acara World of Islam Festival yang diadakan tahun 1976.

Komentar»

1. ali - September 30, 2007

skarang kita bisa melanjutkan penemuan mereka. skrng dah ada pompa air grafitasi yang bisa bergerak tanpa BBM/Listrik.
malizam@plasa.com/malizam.multiply.com

2. alif - Desember 27, 2007

ada yang punya gambar alat pengeboran air bawah tanah gak? tolong kirim donk….

3. alif - Desember 27, 2007

oh iya lupa…. ini alamat e-mailnya youthi_nrebbel@yahoo.co.id

4. khoirudin - April 22, 2008

dear …
pak boleh minta artikel tersebut?
kalau boleh sekalian hasil riset tersebut untuk membuat pompa tersebut. saya adalah guru smk di lampung, saya ingin mengembangkannya dengan siswa saya.
trims
khoirudin

5. lihan - Desember 22, 2008

Saya pengen juga tuh menerapkan teknologi yang tidak menggunakan tenaga listrik tapi gaya gravitasi jika ada kirimmin kita donk teknologi itu untuk dicoba

6. Wilmar - Agustus 28, 2009

Sy sdh melakukan eksprmn pompa air non listrik, tabung penampung adih sbh drum dgn pipa penghisap air 1/4 inc dari sumur dan u keluar pipa 1/2 inc, 1 x 24 jam berfungsi dgn baik(jadi). Tapi pada hr ke 2 drm penampung menyatu alias jadi penyot(pipih) airpun tdk jln lagi. Mohon bantuan petunjuk .

7. Makrup - September 15, 2009

Pak… Kita juga ingin belajar membuat pompa air sederhana tersebu, masalah nya di daerah saya sangat banyak sawah yg kekeringan, sumber air sangat besar tapi lebih rendah dari permukaan sawah, kalau bisa mohon gambar dan skema alat tersebut dgn jelas trima kasih.

8. puspita - Mei 7, 2011

cag mano oyy gmbr pompa airr t,akku do tgaz???

9. Deddy - Mei 18, 2011

Tolong kirimkn skema pompa air sederhana

10. Anonim - Februari 25, 2015

pak pompa air sederhana ini berapa meter di bawah tanah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: