jump to navigation

Pasir Penghisap hanya Hayalan Agustus 15, 2007

Posted by agusdd in science.
trackback

Jika pernah menyaksikan film laga Hollywood yang menggambarkan bagaimana pasir dapat menghiap mangsa, oleh peneliti Belanda itu disebut hanya sebuah hayalan. Percobaan yang dilakukan membuktikan pasir tidak menghisap mangsa sebagaimana film yang menyebabkan seseorang tertelan hingga kedasar. Lebih-lebih lagi jika pasir tersebut disebutkan tidak memiliki dasar, karena benda sebesar apapun jika dimasukkan ke pasir tersebut akan ditelan sampai habis. 

Van der Wasayman peneliti dari lembaga riset Universitas Amsterdam, Belanda, menunjukkan pasir hidup hanyalah sebuah tempat yang berbahaya bagi benda mati. Terutama mempengaruhi bangunan dan pondasi sebuah jembatan, sehingga menyebabkan ambruk. ”Jika sesorang terperangkat disana, bisa dipastikan hanya akan terperosok sebatas pinggang,” ujar Wasayman.

Menurut hasil penelitian kebenaran yang ada hanyalah jika orang yang terperosok ke dalam pasir hidup umumnya tidak bisa bergerak. Ini disebabkan densitas pasir yang meningkat kemudian merekat di bagian anggota badan bawah yang terperosok dalam pasir hidup tersebut, membentuk tekanan yang sangat besar. Setelah dikalkulasi didapatkan untuk mengeluarkan satu kaki korban yang terperangkap dengan kecepatan 1 cm/ detik saja butuh kekuatan 100 ribu Newton, atau kurang lebih setara dengan kekuatan mengangkat sebuah mobil ukuran sedang.

Pasir hisap pada dasarnya pasir biasa yang bercampur air sehingga ikatan antarpartikelnya berkurang dan tidak mampu menahan beban tertentu. Campuran tersebut seringkali ditemukan di delta atau sekitar sungai-sungai besar. Pasir hisap juga dapat terbentuk setelah gempa bumi yang menyebabkan air dari reservoir di dalam tanah merembes ke permukaan tanah. Pasir hisap menjadi sangat berbahaya karena dapat menyebabkan ambruknya jembatan atau bangunan.

Komentar»

1. iyra - Agustus 15, 2007

mungkin karena capek berdiri, orang tersebut duduk dan mati tenggelam,,
hahah…

2. Andreas Lie - Agustus 31, 2007

Klo pasir hidup berada dipadang pasir ada gak…???

3. me2y - November 2, 2007

kalo pasirnya dikeringin jadi pasir mati donkkk…..

4. ririn - Oktober 24, 2008

walah2…
gtu to critanya..
q nanya ma dosenq lum d jawab,je
kta beliau, materi itu msh jauh..
yawdah, q browsing aj ndiri..
eh, ktemu.
tp, gmana cara mengenali pasir hisap itu?
kalo masuk hutan kan smuanya kliatan sama tanahnya..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: