jump to navigation

Bakteri VS Amoeba September 30, 2007

Posted by agusdd in science.
trackback

Escherichia coli
Escherichia coli, salah satu bakteri berbentuk batang
Klasifikasi ilmiah

Kerajaan :|Bacteria

Phyla/Pentarafan
ActinobacteriaAquificae
Bacteroidetes/Chlorobi
Chlamydiae/Verrucomicrobia
Chloroflexi
Chrysiogenetes
Cyanobacteria
Deferribacteres
Deinococcus-Thermus
Dictyoglomi
Fibrobacteres/Acidobacteria
Firmicutes
Fusobacteria
Gemmatimonadetes
Nitrospirae
Omnibacteria
Planctomycetes
Proteobacteria
Spirochaetes
Thermodesulfobacteria
Thermomicrobia
Thermotogae

Bakteri, dari kata Latin bacterium (jamak, bacteria), adalah kelompok raksasa dari organisme hidup. Mereka sangatlah kecil (mikroskopik) dan kebanyakan uniselular (bersel tunggal), dengan struktur sel yang relatif sederhana tanpa nukleus/inti sel, cytoskeleton, dan organel lain seperti mitokondria dan kloroplas. Struktur sel mereka dijelaskan lebih lanjut dalam artikel mengenai prokariota, karena bakteri merupakan prokariota, untuk membedakan mereka dengan organisme yang memiliki sel lebih kompleks, disebut eukariota. Istilah “bakteri” telah diterapkan untuk semua prokariota atau untuk kelompok besar mereka, tergantung pada gagasan mengenai hubungan mereka.

Bakteri adalah yang paling berkelimpahan dari semua organisme. Mereka tersebar (berada di mana-mana) di tanah, air, dan sebagai simbiosis dari organisme lain. Banyak
patogen merupakan bakteri. Kebanyakan dari mereka kecil, biasanya hanya berukuran 0,5-5 μm, meski ada jenis dapat menjangkau 0,3 mm dalam diameter (Thiomargarita). Mereka umumnya memiliki dinding sel, seperti sel hewan dan jamur, tetapi dengan komposisi sangat berbeda (peptidoglikan). Banyak yang bergerak menggunakan flagela, yang berbeda dalam strukturnya dari flagela kelompok lain.

1. Sejarah

Bakteri pertama ditemukan oleh Anthony van Leeuwenhoek pada 1674 dengan menggunakan mikroskop buatannya sendiri. Istilah bacterium diperkenalkan di kemudian hari oleh Ehrenberg pada tahun 1828, diambil dari kata Yunani βακτηριον
yang memiliki arti “small stick“.

2. Struktur sel

Struktur sel prokariota

Struktur sel prokariota

Artikel utama struktur sel bakteri

Seperti prokariota (organisme yang tidak memiliki selaput inti) pada umumnya, semua bakteri memiliki struktur sel yang relatif sederhana. Struktur bakteri yang paling penting adalah dinding sel. Bakteri dapat digolongkan menjadi dua kelompok yaitu Gram positif dan Gram negatif didasarkan pada perbedaan struktur dinging sel. Bakteri Gram positif memiliki dinding sel yang terdiri atas lapisan peptidoglikan yang tebal dan asam teichoic. Sementara bakteri Gram negatif memiliki lapisan luar, lipopolisakarida – terdiri atas membran dan lapisan peptidoglikan yang tipis terletak pada periplasma (di antara lapisan luar dan membran sitoplasmik).

Banyak bakteri memiliki struktur di luar sel lainnya seperti flagela dan fimbria yang digunakan untuk bergerak, melekat dan konjugasi. Beberapa bakteri juga memiliki kapsul atau lapisan lendir yang membantu pelekatan bakteri pada suatu permukaan dan biofilm formation. Bakteri juga memiliki kromosom, ribosom dan beberapa spesies lainnya memiliki granula makanan, vakuola gas dan magnetosom. Beberapa bakteri mampu membentuk endospora yang membuat mereka mampu bertahan hidup pada lingkungan ekstrim.

3. Morfologi/bentuk bakteri

Berbagai bentuk tubuh bakteri

Berbagai bentuk tubuh bakteri Berdasarkan berntuknya, bakteri dibagi menjadi tiga golongan besar, yaitu:

  • Kokus (Coccus) dalah bakteri yang berbentuk bulat seperti bola, dan mempunyai beberapa variasi sebagai berikut:
    • Mikrococcus, jika kecil dan tunggal
    • Diplococcus, jka bergandanya dua-dua
    • Tetracoccus, jika bergandengan empat dan membentuk bujursangkar
    • Sarcina, jika bergerombol membentuk kubus
    • Staphylococcus, jika bergerombol
    • Streptococcus, jika bergandengan membentuk rantai
  • Basil (Bacillus) adalah kelompok bakteri yang berbentuk batang atau silinder, dan mempunyai variasi sebagai berikut:
    • Diplobacillus, jika bergandengan dua-dua
    • Streptobacillus, jika bergandengan membentuk rantai
  • Spiril (Spirilum) adalah bakteri yang berbentuk lengkung dan mempunyai variasi sebagai berikut:
    • Vibrio, (bentuk koma), jika lengkung kurang dari setengah lingkaran
    • Spiral, jika lengkung lebih dari setengah lingkaran

Bentuk tubuh/morfologi bakteri dipengaruhi oleh keadaan lingkungan, medium dan usia. Oleh karena itu untuk membandingkan bentuk serta ukuran bakteri, kondisinya harus sama. Pada umumnya bakteri yang usianya lebih muda ukurannya relatif lebih besar daripada yang sudah tua.

4. Alat gerak bakteri


A-Monotrik; B-Lofotrik; C-Amfitrik; D-Peritrik;

Gambar alat gerak bakteri: A-Monotrik; B-Lofotrik; C-Amfitrik; D-Peritrik;

Banyak spesies bakteri yang bergerak menggunakan flagel. Hampir semua bakteri yang berbentuk lengkung dan sebagian yang berbentuk batang ditemukan adanya flagel. Sedangkan bakteri kokus jarang sekali memiliki flagel. Ukuran flagel bakteri sangat kecil, tebalnya 0,02 – 0,1 mikro, dan panjangnya melebihi panjang sel bakteri. Berdasarkan tempat dan jumlah flagel yang dimiliki, bakteri dibagi menjadi lima golongan, yaitu:

  • Atrik, tidak mempunyai flagel.
  • Monotrik, mempunyai satu flagel pada salah satu ujungnya.
  • Lofotrik, mempunyai sejumlah flagel pada salah satu ujungnya.
  • Amfitrik, mempunyai sejumlah flagel pada kedua ujungnya.
  • Peritrik, mempunyai flagel
    pada seluruh permukaan tubuhnya.

5. Pengaruh lingkungan terhadap bakteri

Kondisi lingkungan yang mendukung dapat memacu pertumbuhan dan reproduksi bakteri. Faktor-faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan reproduksi bakteri adalah suhu, kelembaban, dan cahaya.

5. 1. Suhu

Berdasarkan kisaran suhu aktivitasnya, bakteri dibagi menjadi 3 golongan:

  • Bakteri psikrofil, yaitu bakteri yang hidup pada daerah suhu antara 0°- 30°C, dengan suhu optimum 15°C.
  • Bakteri mesofil, yaitu bakteri yang hidup di daerah suhu antara 15° – 55°C, dengan suhu optimum 25° – 40°C.
  • Bakteri termofil, yaitu bakteri yang dapat hidup di daerah suhu tinggi antara 40° – 75°C, dengan suhu optimum 25° – 40°C

Pada tahun 1967 di Yellow Stone Park ditemukan bakteri yang hidup dalam sumber air panas bersuhu 93° – 94°C.

5. 2. Kelembaban

Pada umumnya bakteri memerlukan kelembaban yang cukup tinggi, kira-kira 85%. Pengurangan kadar air dari protoplasma menyebabkan kegiatan metabolisme terhenti, misalnya pada proses pembekuan dan pengeringan.

5. 3. Cahaya

Cahaya sangat berpengaruh pada proses pertumbuhan bakteri. Umumnya cahaya merusak sel mikroorganisme yang tidak berklorofil. Sinar ultraviolet dapat menyebabkan terjadinya ionisasi komponen sel yang berakibat menghambat pertumbuhan atau menyebabkan kematian. Pengaruh cahaya terhadap bakteri dapat digunakan sebagai dasar sterilisasi atau pengawetan bahan makanan.

Jika keadaan lingkungan tidak menguntungkan seperti suhu tinggi, kekeringan atau zat-zat kimia tertentu, beberapa spesies dari Bacillus yang aerob dan beberapa
spesies dari Clostridium yang anaerob dapat mempertahankan diri dengan spora. Spora tersebut dibentuk dalam sel yang disebut endospora. Endospora dibentuk oleh penggumpalan protoplasma yang sedikit sekali mengandung air. Oleh karena itu endospora lebih tahan terhadap keadaan lingkungan yang tidak menguntungkan dibandingkan dengan bakteri aktif. Apabila keadaan lingkungan membaik kembali, endospora dapat tumbuh menjadi satu sel bakteri biasa. Letak endospora di tengah-tengah sel bakteri atau pada salah satu ujungnya.

6. Peranan Bakteri

6. 1. Bakteri menguntungkan

6. 1. 1. Bakteri pengurai

Bakteri saprofit menguraikan tumbuhan atau hewan yang mati, serta sisa-sisa atau kotoran organisme. Bakteri tersebut menguraikan protein, karbohidrat dan senyawa organik lain menjadi CO2, gas amoniak, dan senyawa-senyawa lain yang lebih sederhana. Oleh karena itu keberadaan bakteri ini sangat berperan dalam mineralisasi di alam dan dengan cara ini bakteri membersihkan dunia dari sampah-sampah organik.

6. 1. 2. Bakteri nitrifikasi

Bakteri nitrifikasi adalah bakteri-bakteri tertentu yang mampu menyusun senyawa nitrat dari amoniak yang berlangsung secara aerob di dalam tanah. Nitrifikasi terdiri atas dua tahap yaitu:

  • Oksidasi amoniak menjadi nitrit oleh bakteri nitrit. Proses ini
    dinamakan nitritasi.

 

Reaksi nitritasi

Reaksi nitritasi

  • Oksidasi senyawa nitrit menjadi nitrat oleh bakteri nitrat.
    Prosesnya dinamakan nitratasi.

 

Reaksi nitratasi

Reaksi nitratasi

Dalam bidang pertanian, nitrifikasi sangat menguntungkan karena menghasilkan senyawa yang diperlukan oleh tanaman yaitu nitrat. Tetapi sebaliknya di dalam air yang disediakan untuk sumber air minum, nitrat yang berlebihan tidak baik karena akan menyebabkan pertumbuhan ganggang di permukaan air menjadi berlimpah.

6. 1. 3. Bakteri nitrogen

Bakteri nitrogen adalah bakteri yang mampu mengikat nitrogen bebas dari udara dan mengubahnya menjadi suatu senyawa yang dapat diserap oleh tumbuhan. Karena kemampuannya mengikat nitrogen di udara, bakteri-bakteri tersebut berpengaruh terhadap nilai ekonomi tanah pertanian. Kelompok bakteri ini ada yang hidup bebas maupun simbiosis. Bakteri nitrogen yang hidup bebas yaitu Azotobacter chroococcum,

Clostridium pasteurianum, dan Rhodospirillum rubrum. Bakteri nitrogen yang hidup bersimbiosis dengan tanaman polong-polongan yaitu Rhizobium leguminosarum, yang hidup dalam akar membentuk nodul atau bintil-bintil akar. Tumbuhan yang bersimbiosis dengan Rhizobium banyak digunakan sebagai pupuk hijau seperti Crotalaria, Tephrosia, dan Indigofera. Akar tanaman polong-polongan tersebut menyediakan karbohidrat dan senyawa lain bagi bakteri melalui kemampuannya mengikat nitrogen bagi akar. Jika bakteri dipisahkan dari inangnya (akar), maka tidak dapat mengikat nitrogen sama sekali atau hanya dapat mengikat nitrogen sedikit sekali. Bintil-bintil akar melepaskan senyawa
nitrogen organik ke dalam tanah tempat tanaman polong hidup. Dengan demikian terjadi penambahan nitrogen yang dapat menambah kesuburan tanah.

6. 1. 4. Bakteri usus

Bakteri Entamoeba coli hidup di kolon (usus besar) manusia, berfungsi membantu membusukkan sisa pencernaan juga menghasilkan vitamin B12, dan vitamin K yang penting dalam proses pembekuan darah. Dalam organ pencernaan berbagai hewan ternak dan kuda, bakteri anaerobik membantu mencernakan selusosa rumput menjadi zat yang lebih sederhana sehingga dapat diserap oleh dinding usus.

6. 1. 5. Bakteri fermentasi

Beberapa makanan hasil fermentasi dan mikroorganisme yang berperan:

No. | Nama produk atau makanan | Bahan baku | Bakteri yang berperan

1. | Yoghurt | susu | Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus
2. | Mentega | susu | Streptococcus lactis
3. | Terasi | ikan | Lactobacillus sp.
4. | Asinan buah-buahan | buah-buahan | Lactobacillus sp.
5. | Sosis | daging | Pediococcus cerevisiae
6. | Kefin | susu | Lactobacillus bulgaricus dan Srteptococcus lactis
6. 1. 6. Bakteri penghasil antibiotik

Antibiotik merupakan zat yang dihasilkan oleh mikroorganisme dan mempunyai daya hambat terhadap kegiatan mikroorganisme lain. Beberapa bakteri yang menghasilkan
antibiotik adalah:

6. 2. Bakteri merugikan

6. 2. 1. Bakteri perusak makanan

Beberapa spesies pengurai tumbuh di dalam makanan. Mereka mengubah makanan dan mengeluarkan hasil metabolisme yang berupa toksin (racun). Racun tersebut berbahaya bagi kesehatan manusia. Contohnya:

6. 2. 2. Bakteri denitrifikasi

Jika oksigen dalam tanah kurang maka akan berlangsung denitrifikasi, yaitu nitrat direduksi sehingga terbentuk nitrit dan akhirnya menjadi amoniak yang tidak dapat dimanfaatkan oleh tumbuhan. Contoh bakteri yang menyebabkan denitrifikasi adalah Micrococcus denitrificans dan Pseudomonas denitrificans.

6. 2. 3. Bakteri patogen

Merupakan kelompok bakteri parasit yang menimbulkan penyakit pada manusia, hewan dan tumbuhan. Bakteri penyebab penyakit pada manusia:

No. | Nama bakteri | Penyakit yang ditimbulkan
1. | Salmonella typhosa | Tifus
2. | Shigella dysenteriae | Disentri basiler
3. | Vibrio comma | Kolera
4. | Haemophilus influenza | Influensa
5. | Diplococcus pneumoniae | Pneumonia (radang paru-paru)
6. | Mycobacterium tuberculosis | TBC paru-paru
7. | Clostridium tetani | Tetanus
8. | Neiseria meningitis | Meningitis (radang selaput otak)
9. | Neiseria gonorrhoeae | Gonorrhaeae (kencing nanah)
10. | Treponema pallidum | Sifilis atau Lues atau raja singa
11. | Mycobacterium leprae | Lepra (kusta)
12. | Treponema pertenue | Puru atau patek

Bakteri penyebab penyakit pada hewan:

No. | Nama bakteri | Penyakit yang ditimbulkan
1. | Brucella abortus | Brucellosis pada sapi
2. | Streptococcus agalactia | Mastitis pada sapi (radang payudara)
3. | Bacillus anthracis | Antraks
4. | Actinomyces bovis | Bengkak rahang pada sapi
5. | Cytophaga columnaris | Penyakit pada ikan

Bakteri penyebab penyakit pada tumbuhan:

No. | Nama bakteri | Penyakit yang ditimbulkan
1. | Xanthomonas oryzae | Menyerang pucuk batang padi
2. | Xanthomonas campestris | Menyerang tanaman kubis
3. | Pseudomonas solanacaerum | Penyakit layu pada famili terung-terungan
4. | Erwinia amylovora | Penyakit bonyok pada buah-buahan

Amoeba
Amoeba termasuk dalam kelas Rhizopoda pada filum Protozoa. Secara umum dapat dijelaskan bahwa protozoa adalah berasal dari bahasa Yunani, yaitu protos artinya pertama dan zoon artinya hewan. Jadi,Protozoa adalah hewan pertama.

Tubuh protozoa amat sederhana, yaitu terdiri dari satu sel tunggal (unisel). Namun demikian, Protozoa merupakan system yang serba bisa. Semua tugas tubuh dapat dilakukan oleh satu sel saja tanpa mengalami tumpang tindih.

Ukuaran tubuhnya antaran 3-1000 mikron.Bentuk tubuh macam-macam ada yang seperti bola, bulat memanjang, atau seperti sandal bahkan ada yang bentuknya tidak menentu. Juga ada memiliki fligel atau bersilia. Protozoa hidup di air atau tempat yang basah. Protozoa hidup secara soliter atau bentuk koloni.

Didalam ekosistem air protozoa merupakan zooplankton. Permukan tubuh Protozoadibayangi oleh membransel yang tipis, elastis, permeable, yang tersusun dari bahan lipoprotein, sehingga bentuknya mudah berubah-ubah. Beberapa jenis protozoa memiliki rangka luar ( cangkok) dari zat kersik dan kapur. Apabila kondisi lingkungan tempat tinggal tiba-tiba menjadi jelek, Protozoa membentuk kista. Dan menjadi aktif lagi. Organel yang terdapat didalam sel antara lain nucleus, badan golgi, mikrokondria, plastida, dan vakluola.

Nutrisi protozoa bermacam-macam. Ada yang holozoik (heterotrof), yaitu makanannya berupa organisme lainnya,. Ada pula yang holofilik (autotrof), yaitu dapat mensintesis makanannya sendiri dari zat organic dengan bantuan klorofit dan cahaya. Selain itu ada yang bersifat saprofitik, yaitu menggunakan sisa bahan organic dari organisme yang telah mati adapula yang bersifat parasitik.

Apabila protozoa dibandingkan dengan tumbuhan unisel, terdapat banyak perbedaan tetapi ada persamaannya. Hal ini mungkin protozoa meriupakan bentuk peralihan dari bentuk sel tumbuhan ke bentuk sel hewan dalam perjalanan evolusinya. Ciri-ciri prozoa sebagai hewan adalah gerakannya yang aktif dengan silia atau flagen, memili membrane sel dari zat lipoprotein, dan bentuk tubuhnya ada yang bisa berubah-ubah. Adapun yang bercirikan sebagai tumbuhan adalah ada jenis protozoa yang hidup autotrof. Ada yang bisa berubag-ubah.

Adapun yang mencirikan sebagai sebagai tumbuhan adalah ada jenis protozoa yang hidup autotrof. 2.3. Perkembangbiakan bakteri dan amuba Perkembangbiakan amuba dan bakteri yang biasa dilakukan adalah dengan membela diri. Dalam kondisi yang sesuai mereka mengadakan pembelahan secara setiap 15 menit.<1> Peristiwa ini dimulai dengan pembelahan inti sel atau bahan inti menjadi dua. Kemudian diikuti dengan pembelahan sitoplasmanya, menjadi dua yang masing=masing menyelubungi inti selnya.

Selanjutnya bagian tengah sitoplasma menggenting diikuti dengan pemisahan sitoplasma. Akhirnya setelah sitoplasma telah benar-benar terpisah, maka terbentuknya dua sel baru yang masing=masing mempunyai inti baru dan sitoplasma yang baru pula. Pada amuba bila keadan kurang baik, misalnya udara terlalu dingin atau panas atau kurang makan, maka amuba akan membentu kista.

Didalam kista amuba dapt membelah menjadi amuba-amuba baru yang lebih kacil. Bila keadaan lingkungan telah baik kembali, maka dinding kista akan pecah dan amuba-amuba baru tadi dapat keluar. Selanjudnya amuba ini akan tumbuh setelah sampaipada ukuran tertentu dia akan membelah diri seperti semula. Dibawah ini adalah gambar pembelahan diri pada amuba.

( Gambar 2.1 ) Pembelahan diri pada amuba<2> Pada bakteri terjadi pula pembelaan diri. Dengan proses sama seperti diatas. Dibawah ini adalah gambar diagram skematik tahap-tahapreproduksi bakteri secara membelah diri.

(Gambar 2.1 ) Diagram skematik tahap-tahap reproduksi bakteri<3> Dalam keadaan yang tidak memungkinkan bakteri akan membentuk endospora. Endospora ini berdinding lebih tebal sehingga dapat lebih tahan hidup. Dengan direbus atau dipanaskan atau dengan zat kimia, bakteri biasa akan mati tetapi sporanya tidak mati spora tersebut dapat terbawa angin kemana-mana. sumber wiki dan shvoong

About these ads

Comments»

1. ika - October 2, 2007

bagaimana kalau bakteri di golongkan sebagai tumbuhan?

2. Anonymous - October 7, 2007

ya gak co2k dengan defenisi awalnya bok..

3. desi - October 22, 2007

bener eta mah teu cocok jeung defenisi awal belegug

4. dee jay - October 25, 2007

dah sep koq,tapi kurang panjang penjelasannya !!!!

5. divy - October 26, 2007

wuihh,,keren juga artikelnya

6. Ahaadi - November 10, 2007

Enak nambah informasi, gimana kalau diulas lebih lagi

7. Sulton - November 29, 2007

tolong ditambaho tentang peranan virus dalam bidang tekhnologi sebagai contoh apakah virus tersebit dapat digunakan dalam penyimpan energi listrik

8. Aii - December 2, 2007

Copier!

tpi lumayan effortnya

9. Anonymous - December 5, 2007

MBOK PAKE BAHASA INDONESIA

10. izan - December 13, 2007

keren mas artikelna, nambah ilmu nih…..

11. ekin - January 12, 2008

udah bagus bget tapi kurang gambar yach..lebih bagus pake gambar donk.

12. MUHAMMAD - January 16, 2008

BACA

13. John cena - March 1, 2008

Apa c nama lain membelah diri

14. gekzZ_ aya - March 19, 2008

Kok nd ada gambar???
bgsnya dikasi gambar ,,biar lengkap…….

15. adon - April 22, 2008

udah bagus banget nih.
tapi sayang masih kurang gambar atau contohnya yang lebih konkrit lagi.
masih belum tau,darimana asal bakteri2 tersebut
minta penjelasan,bakteri yang mempercepat penguraian bahan organik itu apa aja.
makasih!!!!!!!!

16. vhee - May 11, 2008

lumayan tapi gambarnya lebih lengkapin lagi ok

17. agusdd - May 11, 2008

tanks.. iya ni, gambarany yg belum. hee..

18. olil - June 17, 2008

bagus buanget
tolong dong minta penjelasan tentang antigen mycrobacterium tuberkulosis

19. robby - September 4, 2008

tolong kasih penjelasan dan gambar cara amuba makan donk!?

20. ARINI - September 10, 2008

gimana c cara reproduksi bakteri?????
apakah sama bakteri dengan amuba?????bedanya pa?

21. fajar - October 17, 2008

pa yang di maksud dengan pembelahan diri biner dan multipel, balez ya ke alamat tjartiwan_one@yahoo.com . thanks ya

22. Hafiz - October 23, 2008

Ya iyalah…

Bakteri kan emang tergolong tumbuhan,,,

Capa yang blang hwan?????

23. natacia - November 2, 2008

Bagus..
Tambahkan gambar lagi ya..

24. hael - November 9, 2008

perbedaan cara reproduksi bakteri kuk ga ad c?
bingung carii nyaa,, buat tugas lahh kya gituu aann,,
capee tuh guruu..

25. titi - December 2, 2008

keyyeeen abis bo…
gmbarnya mana…

26. Mer - December 11, 2008

mitosis

27. putri - February 2, 2009

hmmm,,,, bagus jg..krang detaile lg
tp, lbih lengkapnya lg pakek gmbar dunk???
makacih………..

28. dwi edi peni - September 16, 2009

bagus

29. anis - October 25, 2009

iya tuch gambarnya manaaaaaaaa????
pengen tau dunk gmn prosesnya bakteri kawin

30. yola - November 28, 2009

hu’uh nui, utda bguz og. tp gambarna mana???????????

31. e_cha - January 1, 2010

biar lbih bgus di ksih gmbr donk!!!!!!!!!!!!

32. uchy - April 12, 2010

iya ,,,
biar kita lbih ngeti lg
d sertai gambar donkkk

33. andiz - May 16, 2010

bakteri dan amuba sperti apa sih? apakah dia termasuk golongan binatang atau tumbuhan?

34. rhyna111 - August 16, 2010

Kalo bisa pake bagannya lebih Afdol.. ^_^

35. yudi - January 18, 2011

alah palsu semua nipu aja kapan indonesia maju


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 90 other followers

%d bloggers like this: